Selasa, 20 Maret 2012

Pengertian Organisasi


Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata organisasi, bahkan kita mungkin pernah terjun ke dalam dunia organisasi itu sendiri. Namun, apa sebenarnya arti dari organisasi tersebut?
Organisasi secara umum diartikan sebagai suatu kelompok orang, dua atau lebih, yang secara formal dipersatukan dalam suatu bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, ada juga pengertian organisasi menurut beberapa ahli sebagai berikut.
·         Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·         Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·         Menurut Chester I. Bernard
Organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·         Menurut Rosenzweig
Organisasi adalah suatu system social yag membentuk integrasi atau kesatuan dari aktivitas orang-orang yang bekerja sama dan berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama.
·         Menurut Mathias Aroef
Organisasi adalah suatu bentuk yag terjadi apabila sekelompok orang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuannya.
·         Menurut Pfiffner dan Sherwood
Organisasi adalah suatu pola dari cara-cara dalam sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu denga yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
·         Menurut Bakke
Organisasi adalah sebuah sistem yang kontinu dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
·         Menurut Allen
Orgaisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
·         Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan
Organisasi adalah suatu sistrem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu, yang hanya berupa alat dan wadah saja.
·         Menurut Prajudi Armosudiro
Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok oramng pemegang posisi yang bekerja sama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
·         Menurut Sondang P. Siagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan bawahan.

Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dengan pola tertentu, yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun nonfisik sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik yang disebabkan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.
Sebuah organisasi tidak akan bisa lepas dengan yang namanya struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah cara suatu aktivitas organisasi dibagi, diorganisasi, dan dikoordinasikan. Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen dalam organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan. Selain itu, struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi pekerjaan, saluran perintah, dan penyampaian laporan.

Sumber:

1 komentar: